SELAMAT DATANG DI BLOG HILGAN FALIMY CENTRE "HFCENTRE"
PPC Iklan Blogger Indonesia

Minggu, 29 September 2013

Cara Setting Booting Bios Ke FlashDisk

Pada pembahasan install windows tanpa CD dan Cara simpel Install windows 7 menggunakan flashdisk, secara detail saya belum menjelaskan langkah-langkah setting BIOS agar komputer booting melalui flashdisk. Padahal jika ini tidak kita lakukan flashdisk yang sudah kita siapkan sebelumnya menjadi tidak berarti apa apa karena sistem komputer tidak akan memanggil flashdisk kita pada saat booting. 

Boot setting ini berada pada BIOS, jadi kita harus masuk ke sistem BIOS terlebih dahulu untuk mangatur urutan bootingnya. Bagi yang yang belum tahu apa itu BIOS, bisa baca keterangannya disini

Ketika usb drive atau flashdisk sudah siap digunakan untuk melakukan instalasi sistem operasi ke dalam komputer, maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mengarahkan sistem komputer untuk booting pertama ke flashdisk.


Bagaimana mengaturnya?

Cara settingnya sangat simple, berikut saya sajikan langkah langkah setting secara umum. Harap diingat, tiap komputer berbeda beda tergantung merk BIOS yang digunakan dalam chip motherboardnya.

Langkah pertama : Tancapkan flashdisk yang sudah berisi sistem operasi pada port USB yang tersedia.

Langkah kedua : Reboot/restart komputer anda. Saat layar monitor berwarna hitam tekan tombol 'F2' atau 'Delete' atau "F10" tiap komputer berbeda beda, sesuaikan dengan komputer anda. Sekarang kita masuk ke dalam sistem BIOS.

Langkah ketiga: Cari menu yang berhubungan dengan kata boot / booting. lihat contoh gambar di bawah

Langkah keempat : Dari gambar di atas kita sudah menemukan menu untuk settingnya yaitu "Boot Device Priority". Gunakan tombol panah kanan atau kiri dan tombol enter untuk mengaturnya.

Langkah kelima : Setelah pengaturan boot selesai dan anda sudah memastikan untuk boot pertama ke usb flash drive, selanjutnya tekan tombol F10 untuk menyimpan pengaturan dan merestart komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar yang baik dan benar

PPC Iklan Blogger Indonesia
SILAHKAN KUNJUNGI IKLAN DIATAS INI